Pelatihan Applied Approach (AA)

2013-07-25 10:44:12

Pendidikan nasional berfungsi untuk mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Dalam Undang-undang Guru dan Dosen, 2005; dinyatakan bahwa pembinaan dan pengembangan guru dan dosen meliputi pembinaan dan pengembangan profesi dan karir. Selanjutnya pembinaan dan pengembangan profesi dosen tersebut meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional. Hal ini diperjelas melalui Peraturan Pemerintah (PP) No. 19 tahun 2005 tentang Standard Nasional Pendidikan, yang merumuskan kompetensi yang harus dimiliki oleh para pendidik. Rumusan PP tersebut menyatakan bahwa pendidik harus memiliki kompetensi pedagogik, yaitu kemampuan mengelola pembelajaran peserta didik yang meliputi pemahaman terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. Salah satu program kegiatan dalam rangka meningkatkan kemampuan pedagogis tenaga pendidik adalah program PEKERTI atau Peningkatan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional dan Applied Approach (AA).

                                                      


Dengan latar belakang tersebut, Poltekkes Kemenkes Semarang bekerjasama dengan Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LP2MP) UNDIP menyelenggarakan Pelatihan Peningkatan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (PEKERTI) dan Applied Approach (AA). Pelatihan Peningkatan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (PEKERTI) diselenggarakan pada tanggal 10-15 Juni 2013 di Aula Poltekkes Kemenkes Semarang diikuti oleh 24 peserta, terdiri atas 17 orang tenaga pendidik dari Poltekkes Kemenkes Semarang dan 7 orang dari institusi pendidikan tenaga kesehatan di luar Poltekkes Semarang. Sedangkan Pelatihan Applied Approach diselenggarakan pada tanggal 24-28 Juni 2013 di Aula Poltekkes Kemenkes Semarang diikuti oleh 31 peserta, terdiri atas 23 orang tenaga pendidik dari Poltekkes Kemenkes Semarang dan 8 orang dari institusi pendidikan tenaga kesehatan di luar Poltekkes Semarang.
Direktur Poltekkes Kemenkes Semarang, Sugiyanto, S.Pd, M.App.Sc, didampingi Kepala LP2MP UNDIP Prof.Dr.Ir.Mukh.Arifin, M.Sc, dalam kegiatan pembukaan kegiatan tersebut mengungkapkan harapannya agar setelah mengikuti kegiatan pelatihan ini, para tenaga pendidik mampu :

  1. Mengelola pembelajaran peserta didik yang meliputi pemahaman terhadap peserta didik
  2. Merancang pelaksanaan pembelajaran,
  3. Melakukan evaluasi hasil belajar
  4. Melakukan upaya pengembangan pesert didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya